Abstract:
Abstrak
PPKN merupakan mata pelajaran yang bertujuan agar menciptakan warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Oleh karena itu pembalajaran harus dilaksanakan dengan maksimal.Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa, rendahnya aktivitas belajar siswa, pembelajaran berlangsung satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model ohlins. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dan kuantitatif selama 3 pertemuan. penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Desa Baru 1 Mataraman. Hasil penelitian menunjukan pada aktivitas anak pertemuan pertama berada pada presentase 56,25% kriteria dan pertemuan ketiga menjadi 81,25%. Aktivitas guru pertemuan pertama 65,63% kriteria baik dan pertemuan ketiga menjadi 87,5% kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa 56,25% pertemuan ketiga menjadi 87,5%. Motivasi belajar pertemuan pertama 55,56% pertemuan ketiga 81,25%.
Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, PPKN, Model Ohlins.