Abstract:
Dalam pembelajaran daring, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat berperan dalam menunjang proses pembelajaran di masa pandemi. Abad ke-21 ditandai dengan adanya perkembangan informasi secara digital. Handout merupakan bahan ajar yang sederhana dengan isinya yang ringkas namun komprehensif (menyeluruh) yang dapat ditampilkan dalam bentuk format elektronik, salah satu aplikasi atau website untuk mengembangkan bahan ajar handout adalah Flip HTML5 yang dapat mengonversi file PDF ke bentuk flipbook yang membuat bahan ajar menjadi interaktif. Materi sistem peredaran darah merupakan materi yang kompleks, sehingga membutuhkan bahan ajar yang bervariasi untuk mengatasi permasalahan guru dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan keterbacaan pengembangan handout berbasis flip HTML5 pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model 4-D, namun dibatasi hanya sampai tahap Develop. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli dan 9 orang peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Alalak. Hasil uji validitas memperoleh skor 93,09% menyatakan sangat valid dan uji keterbacaan peserta didik memperoleh skor 88,87% menyatakan sangat baik.