Abstract:
Penelitian ini menghasilkan e-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaraan mata pelajaran matematika pada kelas XI, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran E-learning mata pelajaran matematika pada kelas XI. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model Allesi & Trollip. Pertama, perencanaan untuk menentukan tujuan dan arah dari pengembangan suatu produk. Kedua, desain untuk mendeskripsikan pendahuluan program. Ketiga, pengembangan untuk tahap penuangan konsep desain menjadi sebuah produk. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, kousioner, dan Uji coba lapangan dengan pendekatan Problem Based Learning(PBL) Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantatif dan kualitatif. Penilaian produk dinilai oleh dosen ahli media, guru ahli materi, dan siswa SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu. Produk E-learning berbasis moodle berhasil dikembangkan, flowchart yang dihasilkan sebagai petunjuk arah program yang ada di E-learning berbasis moodle, kelayakan media oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 95,94% (sangat layak) serta kelayakan materi oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 99% (sangat layak), dan uji coba lapangan diketahui (1915>1325) bahwa post – test lebih tinggi dari pre – test, sehingga media pembelajaran E-learning berbasis moodle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas XI di SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu. E-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaraan pada mata pelajaraan matematika yang di kembangkan dapat digunakan di SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu dan perlu di evaluasi pada penelitian selanjutnya atau apabila ingin digunakan di sekolah lain.