Abstract:
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana upaya guru PJOK memotivasi peserta didik selama proses pembelajaran dalam jaringan di SMP negeri 1 Banjarbaru dan mendeskripsikan upaya guru PJOK mengatasi masalah peserta didik yang motivasi nya menurun saat pembelajaran daring di sekolah menengah pertama negeri 1 Banjarbaru. Penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik untuk pengambilan sampel dengan total sampling. Sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 4 orang guru PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banjarbaru. Menggunakan instrumen berupa wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PJOK sudah memberikan upaya kepada peserta didik. Guru sebagai fasilitator belajar peserta didik berupaya untuk selalu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengungkapkan kendalanya selama pembelajaran daring. Selain itu juga memberikan dukungan, dan bentuk dukungan yang diberikan Guru tidak selalu berupa benda akan tetapi juga dalam bentuk pujian atau komentar positif kepada peserta didik. Guru pjok juga memilih konten video yang baik dan PPT yang menarik yang bisa digunakan dimasa sekarang dengan media penunjang pembelajaran seperti Google meet, zoom, class room dan lainnya. serta juga dengan memberikan kuis yang interaktif. Memberikan reward kepada peserta didik, selain itu juga dengan berkolaborasi antar orang tua dan pihak sekolah untuk tetap mengawasi peserta didik agar motivasi nya tetap di jaga. Selain itu juga, guru pjok tetap memberikan keringanan dan bantuan terhadap peserta didik yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring. Kesimpulan hasil Penelitian upaya guru PJOK memotivasi peserta didik yaitu dengan memberikan konten belajar menarik mungkin d guru PJOK juga memberikan reward kepada Siswa untuk memunculkan motivasi siswa. Serta upaya guru PJOK mengatasi motivasi yang menurun yaitu dengan memberikan toleransi keringanan dan bantuan terhadap peserta didik yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring dan guru PJOK juga berkolaborasi antar orang tua dan pihak sekolah untuk tetap mengawasi peserta didik agar motivasi nya tetap dijaga untuk menunjang keberhasilan pembelajaran dalam jaringan.
Kata kunci: Motivasi, dan pembelajaran daring.