Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat Self Endurance siswa yang rendah dalam menghadapi Full Day School. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan konseling individual dengan teknik progressive muscle relaxation untuk meningkatkan self endurance dalam menghadapi full day school.
Kegiatan meneliti ini sebagai suatu penelitian kuantitatif yang bermetodekan eksperimen menggunakan perancangan quasi experiment design yang berbentuk rancangan the non equivalent pretest-posttest group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Banjarmasin dengan populasi 34 orang siswa kelas XI C AKL. Sampel pada kegiatan meneliti ini diapatkan oleh kriteria inklusi yang mempergunakan tekniknya yakni purposive sampling yang dengan jumlah 4 individu. Instrumen untuk mengumpulkan datanya mencakup skala ukuran self endurance dalam menghadapi full day school serta pedoman Teknik Progressive Muscle Relaxation dalam layanan konseling individual.
Hasilnya atas kegiatan meneliti ini menandakan teknik progressive muscle relaxation dalam layanan konseling individual efektif terhadap self endurance dalam menghadapi full day school yang ditandai dengan adanya peningkatan self endurance dalam menghadapi full day school awal dan setelah diberikan teknik progressive muscle relaxation dalam layanan konseling individual.
Kata Kunci : Teknik Progressive Muscle Relaxation, Self Endurance dalam Menghadapi Full Day School.