Abstract:
Alfiani Hendry, AS. 2021. Nilai Ekonomi Aktivitas Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung Di kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS . Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M. Pd dan pembimbing II: Mutiani, M.Pd.
Dinamika ekonomi yang terjadi saat ini semakin sulit untuk diprediksi yang berimplikasi terhadap ekonomi, khususnya kemiskinan. Kemiskinan dinyatakan sebagai ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan secara dasar dan sosial. Dalam upaya eliminasi kemiskinan, diperlukan suatu SDM unggul, berkompeten serta berpengalaman guna meningkatkan aktivitas ekonomi di berbagai aspek. Melalui aktivitas ekonomi roda kemiskinan berupaya untuk ditekan dan mewujudkan tujuan bersama satu diantaranya sebagai sumber belajar IPS berupa penekanan rasa sadar dan peduli terhadap masyarakat. Studi ini dilakukan bertujuan untuk 1) menjelaskan aktivitas ekonomi budidaya keramba jaring apung di Kelurahan Banua Anyar; 2) menjelaskan aktivitas ekonomi budidaya keramba jaring apung di Kelurahan Banua Anyar; dan 3) menjelaskan manfaat nilai ekonomi pada aktivitas budidaya ikan keramba jaring apung sebagai sumber belajar IPS.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang berupaya menggambarkan aktivitas budidaya ikan keramba jaring apung di Kelurahan Banua Anyar. Hasil mengungkapkan 1) Aktivitas budidaya ikan keramba jaring apung merupakan aktivitas membibitkan, memelihara, memanen produksi ikan keramba jaring apung selanjutnya didistribusikan melalui distributor menuju pasar hingga sampai ketangan konsumen; 2) Nilai ekonomi budidaya ikan keramba jaring apung tergambarkan pada tiga kategori bentuk yakni sosial, partisipasi, dan pantang menyerah; 3) manfaat nilai ekonomi yang diperoleh yakni sebagai sumber belajar IPS yang diimplementasikan pada aktivitas materi ekonomi kelas VII. Dalam hal ini dijadikan percontohan produksi, distribusi dan konsumsi. Simpulan dari penelitian ini adalah pembudidaya ikan keramba jaring apung memanfaatkan ketersediaan sungai sebagai indikator utama dalam penyelenggaraan budidaya ikan keramba jaring apung untuk penyediaan ikan. Adanya aktivitas dan nilai yang dijalankan serta mampu digunakan sebagai sumber belajar IPS.