Abstract:
ABSTRAK
Nilai disiplin merupakan suatu perubahan tingkah laku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan-aturan, tata tertib, norma-norma yang berlaku, baik tertulis maupun yang tidak tertulis dan menjauhi larangan yang sudah ditetapkan dalam suatu kelompok dan terjadinya disiplin itupun dapat timbul dari dalam diri sendiri ataupun dari orang lain/luar. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembiasaan (habituasi), kegiatan ekstrakulikuler dan kendala dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Proses pembiasaan (habituasi) dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin adalah Pengasuh merupakan orang yang paling banyak terlibat interaksi dengan anak asuh, sehingga proses pembiasaan dalam pembinaan diberikan dengan cara metode penanaman nilai displin dalam kehidupan oleh orang yang mengasuh. 2) Kegiataan ekstrakulikuler dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah ini terdiri dari kegiatan Tapak suci dan Futsal. Bentuk nilai disiplin yang didapat melalui kegiatan ragam ekstrakulikuler tersebut diantaranya: menghargai waktu, mendisplinkan diri dan memiliki rasa kompetitif. 3) Kendala-kendala dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin yaitu adanya perbedaan cara pandang setiap anak dalam melihat berbagai keadaan, secara singkat beberapa anak asuh mudah untuk diarahkan dan beberapa lainnya sangat sulit untuk diarahkan. Hal ini terjadi dikarenakan mereka berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda yang mengakibatkan timbulnya perbedaan cara pandang anak asuh.
Kata Kunci : nilai disiplin, pembinaan.