Abstract:
ABSTRAK
Penggunaan Media Pembelajaran bertujuan untuk melengkapi dan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa diharapkan menjadi komunikasi yang efektif dan mudah memahami materi yang disampaikan agar membuat siswa termotivasi dalam belajar untuk menjadi yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn di kelas IX SMP Negeri 7 Banjarmasin, 2) Bagaimana motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di kelas IX SMP Negeri 7 Banjarmasin, 3) Apakah ada hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran PKn di kelas IX SMP Negeri 7 Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 179 siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Banjarmasin dengan sampel berjumlah 124 responden. Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Solvin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media pembelajaran berdasarkan rata-rata analisis persentase menunjukkan nilai sebesar 31.45?lam kategori rendah, kemudian motivasi belajar siswa berdasarkan rata-rata analisis persentase menunjukkan nilai sebesar 22.5?lam kategori rendah, sedangkan korelasi penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar berdasarkan hasil uji statistik menggunakan korelasi Produk Momen diperoleh nilai korelasi 0.172 ini masuk dalam golongan tidak memiliki korelasi atau hubungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan siswa dapat lebih banyak mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran agar dapat terjadinya pembelajaran yang efektif dan tepat.
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar