Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penggunaan pembelajaran daring dengan minat belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Banjarmasin. Jenis penelitian kombinasi (mixed methods), yang menggabungkan atau menghubungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian diambil dari populasi dan ditentukan kembali dengan rumus Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 54 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini berupa (a) analisis deskriptif dari penggunaan pembelajaran daring dan minat belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik, (b) uji normalitas, (c) uji linearitas, (d) pengujian hipotesis dengan hasil korelasi pearson nilai p = 0,034 < 0,05 (?) menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan pembelajaran daring dengan minat belajar Bahasa Indonesia. Besarnya korelasi antara dua variabel adalah sebesar (0,289), bersifat rendah.
Kata kunci: pembelajaran daring, minat belajar, peserta didik