Abstract:
Media pembelajaran audio-visual dikembangkan menggunakan materi hidrosfer untuk mengukur hasil belajar peserta didik SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas media audio-visual berdasarkan validator ahli materi serta ahli media, kepraktisan media audio-visual berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik mengunakan media pembelajaran audio-visual. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar (THB). Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran audio-visual memperoleh skor validitas ahli media 80?n validitas ahli materi sebesar 81%. Media pembelajaran audio-visual telah diuji cobakan pada kelompok kecil sebanyak delapan orang dengan skor kepraktisan 84?n diuji coba lapangan sebanyak lima belas orang dengan skor ketuntasan 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio-visual pada materi hidrosfer dinyatakan valid, sangat praktis, dan sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs. Media ini dapat digunakan dalam materi hidrosfer untuk mengukur hasil belajar peserta didik SMPMTs
Kata kunci: Hasil belajar, hidrosfer, media pembelajaran audio-visual