Abstract:
Abstrak. Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran daring anak tunagrahita di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) strategi guru dalam perencanaan pembelajaran daring anak tunagrahita, 2) strategi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring anak tunagrahita, serta 3) strategi guru dalam penilaian pembelajaran daring anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan kepala sekolah di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam perencanaan pembelajaran daring anak tunagrahita kelas V di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin strateginya sudah sesuai prosedur; menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) strategi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring anak tunagrahita kelas V di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup meggunakan pendekatan deduktif atau berpusat pada guru. 3) strategi guru dalam penilaian pembelajaran daring anak tunagrahita kelas V di SLBPlus Madana Dun Ya Banjarmasin pelaksanaan penilaian menggunakan pendekatan assessment of learning, untuk penilaian proses dan penilaian hasil belajar.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Daring, Anak Tunagrahita.