Abstract:
Penggunaan media teknologi khususnya dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh dan berperan penting dalam sebuah pembelajaran. Pembelajaran berbasis mobile learning ini sangat bermanfaat bagi sebuah pembelajaran digunakan kapan saja, dimana saja dan tidak ada batasan waktu dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan : (1) Penerapan Materi Kerajinan Tangan Membuat Kain Sasirangan Melalui Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Siswa Kelas X PMIA 1 Di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Terdiri dari : perencanaan, persiapan dan pelaksanaan. (2) Hasil pembelajaran siswa terhadap Penerapan Materi Kerajinan Tangan Membuat Kain Sasirangan Melalui Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Siswa Kelas X PMIA 1 Di SMA Negeri 3 Banjarmasin dengan melakukan wawancara. Kesimpulan dari proses penerapan pembelajaran ini berjalan dengan lancar, siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar hal ini dilihat dari semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran ini.
Kata Kunci : Pembelajaran, Mobile Learning, Siswa