Abstract:
Peneltian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bahasa isyarat Indonesia siswa tunarungu yang mempunyai hak dalam berkomunikasi. Media Hear Me Mobile merupakan salah satu aplikasi yang mengajarkan bahasa isyarat Indonesia. Media Hear Me Mobile di dalamnya terdapat isyarat tangan dan abjad jari bahasa isyarat Indonesia yang dapat membekali tunarungu terhadap kemampuan berbahasa isyarat Indonesia. Pada penelitian ini yaitu mengajarkan bahasa isyarat Indonesia menggunakan aplikasi Hear Me Mobile terhadap kemampuan BISINDO siswa tunarungu di sekolah luar biasa negeri tabalong kelas V. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Hear Me Mobile Terhadap Kemampuan BISINDO Pada Siswa Tunarungu Kelas V SDLB Negeri Tabalong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-experiment one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu statistik deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan prosedur pretest, treatment, posttest. Subjek Penelitian ini adalah siswa tunarungu SDLB Negeri Tabalong. Penelitian dilakukan pada tanggal 26-29 Juli 2021 di SLB Negeri Tabalong. Hasil rata-rata dari 3 siswa menunjukan 4.33 dan hasil post-test memperoleh nilai rata-rata 8.44. Maka ditunjukkan adanya kenaikan 4.11 pada penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Hear Me Mobile meningkatkan kemampuan berbahasa isyarat siswa tunarungu di SDLB Negeri Tabalong