Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pembelajaran dan hambatan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Digital menggunakan handphone di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan metode yang ditembuh deskriptif. Sumber data diperoleh dengan porpusive sampling dengan Teknik pengumulan data wawancara, observasi dan dokumentasi pada siswa atau guru SMA Negeri 3 Banjarmasin. Hasil Penelitian Penggunaan Handphone dalam Pembelajaran PPKn di SMAN 3 Banjarmasin; Perspektif Kewarganegaraan Digital menghasilkan: 1) Praktik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pengganti pembelajaran luring di sekolah. Penerapan penggunaan handphone dalam belajar menyesuaikan Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar yang diajarkan. 2) Hambatan dalam menjalankan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Digital di SMAN 3 Banjarmasin pada pembelajaran dari internet yang lelet, kouta yang terbatas dan handphone yang tidak support dengan aplikasi yang digunakan. Saran, agar sekolah memberikan pelatihan terkait pembelajaran untuk mengembangangkan aplikasi untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan handphone yang gratis akses tanpa kouta dan semua handphone bisa mengakses.
Kata Kunci: Handphone, Pembelajaran PPKn, Kewarganegaraan Digital