Abstract:
Andre. 2021. Pengembangan Variasi Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani
(Daya Tahan) di Sekolah Dasar Lingkungan Lahan Basah Berbasis Play
and Game. Pembimbing: Dr. Syamsul Arifin, M.Pd.; Dr. Mashud, S.Pd.,
M.Pd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena belum pernah dilakukannya
penelitian tentang pembelajaran PJOK yang berada dilahan basah, maka peneliti
membuat sebuah penelitian pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani daya
tahan disekolah dasar yang terletak di lingkungan lahan basah yang bertujuan
untuk membantu para guru untuk memecahkan masalah ketika melaksanakan
kegiatan pembelajaran khususnya aktivitas kebugaran jasmani (daya tahan) ketika
lingkungan dalam keadaan basah atau tidak dapat digunanakan agar proses belajar
mengajar tetap terlaksana dengan baik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan,
dengan prosedur yang dilakukan berupa tahap pra pengembangan dan
pengembangan, yaitu dari analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji coba
produk, sampai pada terciptanya produk akhir pengembangan. Yang menjadi
subyek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah 3 orang ahli dibidang
nya masing-masing dan 20 orang guru PJOK. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian pengembangan ini adalah menggunakan angket untuk analisis
kebutuhan dan uji coba produk, sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil dari penelitian pengembangan ini berdasarkan uji coba produk (uji
ahli, uji kecil, dan uji besar) serta revisinya menghasilkan produk pengembangan
yang layak untuk digunakan, yaitu variasi pembelajaran aktivitas kebugaran
jasmani (daya tahan) disekolah dasar lingkungan lahan basah. Produk penelitian
pengembangan ini memberi pedoman bagi guru dalam membelajarkan materi
kebugaran jasmani agar tidak terjadi pengulangan materi, lebih menarik, tidak
membosankan dan dapat dilaksanakan walau lapangan sedang tidak dapat
digunakan sehingga pembelajaran tetap berjalan efektif. Disarankan adanya
penelitian lanjutan pada KD 3.5 bagi peneliti selanjutnya.