Abstract:
Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Furqan
Banjarmasin ini bertujuan mencari tahu besaran kontribusi yang disumbangkan oleh media audio
visual terhadap motivasi semangat dan minat pelajar PJOK pada peserta didik ketika program
pembelajatan jarak jauh dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey
dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik
yang ada di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Furqan Banjarmasin yang berjumlah
1.752, sedangkan sampel berjumlah 291 peserta didik, pengambilan jumlah sampel ini menggunakan
teknik Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner
dengan hasil yang berupa angka dan dianalisis menggunakan metode statistika dengan bantuan
program SPSS21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel audio visual berkontribusi
terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani sebesar 40,2%, kemudian audio visual berkontribusi
terhadap semangat belajar pendidikan jasmani sebesar 35,3%, kemudian audio visual berkontribusi
terhadap minat belajar pendidikan jasmani sebesar 38,9?n audio visual berkontribusi terhadap
motivasi semangat dan minat belajar pendidikan jasmani secara bersamaan sebesar 41,7%. Dengan
demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan audio
visual dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap tingginya motivasi, semangat dan
minat belajar PJOK pada peserta didik dilingkungan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah AlFurqan