Abstract:
ABSTRAK
Maya, 2021 Determinasi Iklim Sekolah Dan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA KORPRI Banjarmasin . Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibawah bimbingan Dr. Muhammad Rahmattullah M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Supriyanto, sebagai pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah iklim sekolah dan kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan mengetahui (1) gambaran iklim sekolah, kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA KORPRI Banjarmasin (2) pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA KORPRI Banjarmasin (3) pengaruh kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA KORPRI Banjarmasin
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif asosiatif (korelasi) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, Hasil penelitian diperoleh dengan cara menggunakan software SPSS dan kemudian dirangkum dalam bentuk sajian tabel.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan antara Iklim sekolah dengan prestasi belajar Mata Pelajaran ekonomi Kelas XI IPS SMA Kopri Banjarmasin adalah 0.558 termasuk dalam kategori sedang artinya bahwa Iklim sekolah masih ada hubungan dengan prestasi belajar dengan p < 0,05, maka Ho ditolak, artinya bahwa ada hubungan secara signifikan antara Iklim sekolah dengan prestasi belajar. Karena koefisien korelasi nilainya positif.
Hasil penelitian bahwa dari tingkat Iklim sekolah berpengaruh pada prestasi belajar sebab dengan adanya iklim sekolah yang baik dapat menunjang prestasi belajar mereka dilihat dari budaya yang sebenarya terpenting sehingga mereka tidak ada lagi budaya malas atau kurang dalam belajar.
Kata Kunci: Iklim sekolah, kreativitas guru, hasil belajar