Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan yang ditemukan peneliti dalam buku teks Geografi. Kesalahan yang ditemukan peneliti diantaranya kesalahan tata bahasa, penulisan materi, dan fungsi media gambar. Sehingga diperlukan penelaahan lebih lanjut terhadap buku teks Geografi. Menurut BSNP dalam penelaahan buku teks, terdapat empat aspek kelayakan yang harus dipenuhi. Keempat aspek tersebut yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan pada materi yang menjadi fokus penelitian. Fokus penelitian ini yaitu penelaahan pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan yang terdapat pada buku teks Geografi kelas XI SMA/Sederajat. Buku yang menjadi sampel penelitian ini yaitu buku teks Geografi Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan, karangan Yasinto Sindhu Priastomo, terbitan Erlangga. Data diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi, yaitu menganalisis dokumen yang berupa satu materi dari buku teks yang menjadi sampel penelitian. Hasil penilaian peneliti direview oleh tiga orang reviewers, agar hasil penelitian lebih valid. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa materi yang dianalisis termasuk dalam kriteria layak. Berdasarkan aspek kelayakan isi, materi yang diteliti termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 73,11%. Tingkat kelayakan penyajian termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 79,83%. Tingkat kelayakan kebahasaan termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 80,95%. Tingkat kelayakan kegrafikan termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 84,42%. Selain memaparkan tingkat kelayakan pada buku teks yang diteliti, pada penelitian ini juga dijelaskan mengenai keunggulan dan kelemahan buku teks pada masing-masing aspek yang diteliti.
Kata kunci: kelayakan, buku teks Geografi, standar BSNP.