Abstract:
ABSTRAK
Penggunaan smartphone sebagai alat untuk mencari informasi yang memiliki kegunaan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran siswa di sekolah sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap perilaku belajar siswa di masa pandemi sekarang ini. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui bagaimana dampak penggunaan smartphone terhadap sikap belajar peserta didik pada Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Kandangan, serta mengetahui dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan smartphone di sekolah SMA Negeri 3 Kandangan.
Metode yg di gunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yg di pakai merupakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. asal data yang di pakai merupakan data utama serta serta skunder. Data akan pada analisa menggunakan metode deskriptip kualitatif.
akibat dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan smartphone di SMA Negeri 3 Kandangan rata-rata siswa mengunakan smartphone untuk belajar dengan ketentuan peraturan sekolah, smartphone mempermudah siswa untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, tapi terkadang siswa sering main smartphone dan terkadang smartphone di gunakan untuk main sosial media maka dari itu peran sekolah membimbing siswa untuk menggunakan smartphone ke hal-hal positif. Penggunaan smartphone selain memiliki akibat positif pula memiliki akibat negatif.
Kata kunci: Smartphone, Sikap Belajar, Masa Pandemi, SMA Negeri 3 Kandangan