Abstract:
Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis dan terampil menggunakan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatihkan keterampilan ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan LKPD Elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD elektronik. Penelitian pengembangan menggunakan desain Evaluasi Formatif Tessmer, yakni 1) self evaluation; 2) expert review; 3) one-to-one evaluation; 4) small group evaluation: dan 5) field test evaluation, namun dalam penelitian ini hanya sampai small group evaluation. Subjek uji validitas adalah 2 dosen Pendidikan Biologi dan 1 guru Biologi jenjang SMA , subjek uji perorangan adalah 4 orang peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Banjarmasin dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik pada kelas yang sama. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Data keefektifan harapan diperoleh dari hasil penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui LKPD elektronik. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas LKPD elektronik berdasarkan hasil validasi memiliki skor rata-rata 3,71 dengan kategori valid; 2) kepraktisan isi LKPD elektronik berdasarkan respon peserta didik memiliki skor rata-rata 3,78 dengan kategori baik, kepraktisan harapan LKPD elektronik berdasarkan respon peserta didik memiliki persentase 98,00?ngan kategori sangat baik; dan 3) keefektifan harapan LKPD elektronik berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis pada aspek keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, eksplanasi, dan pengaturan diri memperoleh kategori sangat baik, sedangkan pada aspek keterampilan inferensi memperoleh kategori baik.
Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, LKPD elektronik, penelitian pengembangan, sistem sirkulasi.