Abstract:
Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) merupakan merupakan salah satu perangkat pembelajaran berbasis teknologi yang berperan penting dalam kegiatan pembelajaran terlebih saat kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD valid, praktis, dan efektif pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penerapannya dalam pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; 3) small group evaluation; Subjek validasi meliputi 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 4 orang peserta didik kelas XI MAN 1 Banjarmasin, dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas XI MAN 1 Banjarmasin. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Analisis data validitas berdasarkan kategori sangat valid, valid, kurang valid dan tidak valid. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) validitas e-LKPD memiliki kategori valid dengan skor 3,70; 2) kepraktisan isi e-LKPD memiliki kategori baik dengan skor 3,83 dan kepraktisan harapan e-LKPD berdasarkan respon peserta didik memiliki kategori sangat baik dengan skor persentase 93,57%; dan 3) keefektifan harapan e-LKPD berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan e-LKPD memiliki kategori baik dan sangat baik pada keterampilan interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri.