Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan Google Classroom, hasil belajar google classroom, untuk mengetahui pemanfaatan google classroom terhadap hasil belajar ekonomi di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Teknik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi sebab-akibat. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner atau angket dengan menggunakan google form. Pengumpulan sampel dengan cara NonProbability Sampling yaitu menggunakan sampling jenuh, jumlah responden 51 orang siswa kelas X dan XI IPS. Teknik analisis data menggunakan uji analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil pemanfaatan google classroom terdapat pada kategori sedang sebesar 43,14% , hasil belajar menggunakan google classroom berada pada kategori sedang sebesar 41,18% , dan berdasarkan uji analisis korelasi yang diperoleh ada pengaruh pemanfaatan google classroom terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas X dan XI IPS sebesar 0,3663 dengan kategori lemah.