Abstract:
Perkembangan teknologi yang pesat akan mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Mendukung pembelajaran yang optimal dan membantu siswa mengembangkan keterampilan mulai dari keterampilan berpikir tingkat paling dasar hingga tingkat yang lebih tinggi. Ada bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran, bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Siswa dibimbing untuk mencari pembelajaran konseptual, salah satunya adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL). Berkenaan dengan itu, dengan menyesuaikan dengan kondisi saat ini yaitu pandemi COVID-19 dan perkembangan teknologi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah LKPD elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dan kegunaan LKPD untuk pembelajaran berbasis masalah pada materi Sistem Gerak Kelas XI. Subjek uji validitas adalah 3 orang ahli, subjek uji one-to-one adalah tiga siswa kelas XI MIA, dan subjek uji small group (kelompok kecil) adalah kelompok yang terdiri dari 4 siswa kelas XI MIA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) validitas LKPD elektronik berdasarkan uji ahli/pakar memiliki kategori valid (3,75), 2) kepraktisan isi menurut one-to-one evaluation (uji individu) dalam kategori baik (3,77) dan kepraktisan harapan menurut small group evaluation (evaluasi kelompok kecil) dalam kategori sangat baik (98,81%).