Abstract:
ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2021/Meningkatkan kemampuan berhitung anak pada tunagrahita ringan kelas III SDLB dengan menggunakan media Shake Bottle di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin, Jurusan Pendidikan khusus. Pembimbing I Agus Pratomo Andi W, M.Pd dan pembimbing II Jiyanta, M.Pd
Kata Kunci: Media Shake Bottle, Meningkatkan Kemampuan Berhitung, Anak Tunagrahita Ringan
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini berdasarkan hasil penelitian adalah tentang, kurangnya kemampuan berhitung penjumlahan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin, Anak kesulitan berhitung penjumlahan tanpa adanya sebuah media bantuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan 1-10 dengan menggunakan media shake bottle pada anak Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, Desain penelitian ini menggunakan One Group Pre test-Post" data dalam penelitian ini bertempat di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin kelas III, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dokumentasi.
Subjek penelitian adalah 6 siswa 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Tempat penelitian terlatak di Jl. Abuya Brigjen H. Hasan Basry No. 42 Rt.39 tepatnya di Kecamatan Banjarmasin Utara tepatnya di sekolah berkebutuhan khusus di SLB PLUS MADANA DUN YA BANJARMASIN.
Berdasarkan hasil penelitian ini bertujuan meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Ringan kelas III SDLB dengan Mengunakan Media Shake Bottle Di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. Bahwa pada saat pre tes mendapatkan nilai 40 dan pada saat pos tes mendapatkan peningkatan nilai yaitu 67.
Maka berdasarkan hasil Kesimpulan tersebut maka media Shake Bottel dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin.