Abstract:
Situasi menjadi darurat akibat pademi Covid-19, sektor pendidikan harus ikut beradaptasi agar tetap bisa berjalan seperti biasa. Dalam hal ini proses pembelajaran harus dilakukan melalui jaringan (online). Begitupun dengan pelaksanaan kegiatan PPL pada tahun 2020 dilaksanakan dalam jaringan. Pelaksanaan kegiatan meliputi kegiatan mengajar, kegiatan non-mengajar dan sistem evaluasi pembelajaran. Sistem evaluasi pembelajaran ini meliputi penilaian kognitif, penilaian afektif dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai sistem evaluasi pembelajaran sejarah masa pandemi Covid-19 di SMKN 4 Banjarmasin oleh mahasiswa PPL pada tahun 2020. Penelitian ini berfokus pada teknik dan instrumen evaluasi pembelajaran Sejarah masa pandemi Covid-19 di SMKN 4 Banjarmasin yang digunakan oleh mahasiswa PPL pada tahun 2020. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah didapat, kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil pada penelitian ini, meliputi teknik dan instrumen evaluasi hasil belajar berupa penilaian pembelajaran sejarah masa pandemi Covid-19 di SMKN 4 Banjarmasin oleh mahasiswa PPL pada tahun 2020. Instrumen penilaian kognitif dapat berupa tes baik soal pilihan ganda maupun essay. Instrumen penilaian kognitif berupa non-tes berdasarkan dari pengamatan guru terhadap sikap peserta didik selama mengajar sejarah dalam jaringan. Sedangkan, instrumen penilaian psikomotorik berupa non-tes dapat dilihat dari keterampilan berbicara peserta didik