Abstract:
Abstrak. GPK merupakan seorang mediator dan fasilitator yang dapat melayani segala sesuatu yang diperlukan oleh anak berkebutuhan khusus agar mereka tidak merasa dibedakan dengan anak-anak pada umumnya. Terkait GPK non pendidkan kelas di sekolah luar biasa, diharuskan untuk memiliki pengetahuan terkait rancangan dan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus. Dari data yang dikumpulkan GPK yang mengajar di TK An-Nida 5 berjumlah satu orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di TK An-Nida 5. Sumber data ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di GPK Non Pendidikan di TK An-Nida 5 melaksanakan tugas pokok sebagai tenaga pendidik. Adapun jumlah tenaga pendidik di TK An-Nida 5 yaitu 10. Latar berlakang pendidikan guru di TK An-Nida 5 yaitu 2 orang SLTA dan 8 orang Sarjana dan terdapat 1 orang GPK. Pengetahuan GPK dalam Membimbing Pendidikan siswa Berkebutuhan Khusus di TK An-Nida 5 belum sepenuhnya memahami pengetahuan tentang karakteristik Anak berkebutuhan Khusus. Keterampilan GPK dalam membimbing pendidikan ABK masih perlu belajar lagi. Perilaku GPK yang dimiliki saat Membimbing ABK yaitu ramah, sabar dan selalu memberikan semangat. Melaksanakan tanggung jawab dalam menangani anak berkebutuhan khusus masih banyak hal yang harus dipelajari untuk bisa memberikan pembelajaran yang lebih baik.