Abstract:
Abstrak. Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan perbendaharaan kosakata siswa Tunarungu di kelas 4 SLB Negeri 2 Banjarmasin yang pada kenyataannya kurangnya minta siswa dalam belajar sehingga dibutuhkannya alat bantu belajar untuk meningkatkan kosakata hewan dan buah dan salah satunya bisa menggunakan media pop-up yang bisa menggunakan bahasa isyarat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya yaitu kuasi eksperimen atau dikenal dengan istilah eksperimental desain. Penelitian ini ada dua subjek yang ingin diteliti dari peneliti yakin siswa kelas 4 SDLB bemana latihf dan Nayaka yang bersekolah di SLB Negeri 2 Banjarmasin kelas 4. Penggunaan jenis pendekatan tersebut terdapat hasil tes belajar pre-test serta hasil tes belajar post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan media pop-up dengan bahasa isyarat kata buah-buahan dan hewan jl hal ini terlihat pada hasil pre-test Nayaka yaitu mendapatkan skor 50 dan Lathif mendapatkan skor 63,3. Kemudian hasil post-test terjadi peningkatan yaitu Nayaka mendapatkan skor 76,6 dan Lathif mendapatkan skor 80. Hal ini terbukti bahwa setelah anak menggunakan media pop-up terjadi peningkatan kosakata siswa Tunarungu khususnya kata buah-buahan dan hewan.