Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa Tuli dikelas dua SMPLB mengajar murid siswa Tuli kosa kata kurang seperti untuk menulis sendiri dan untuk menjawab soal menulis masih kesulitan, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Media Kartu Bergambar Bisindo Dalam Meningkatkan kosakata siswa Tuli diSLB Negeri Kota Banjarbaru. Penelitian ini Media Kartu Bergambar yang dibuat peneliti dengan menggunakan bahasa isyarat Indonesia BISINDO yang diguna dalam Meningkatkan kosakata siswa Tuli. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group per-test dan post-test desing, peneliti melakukan dikartu bergambar bahasa isyarat Indonesia, peneliti melakukan dikartu bergambar hewan. Hasil pre-test menunjukan nilai pre-test mendapat nilai tertinggi yaitu 50 dan nilai pre-test mendapat nilai pre-test terendah yaitu 10. Hasil post-test menunjukan nilai perbandingan pelaksanaan Media Kartu Bergambar Bisindo dalam kosa isyarat kelas siswa Tuli terbaik melakukan siswa Tuli lebih merasa bahagia berkomunikasi bergambar hewan bahasa isyarat Indonesia. Skor yang tertinggi post-test sebesar 90, skor yang tertinggi post-test sebesar 100, skor yang tertinggi pre-test rata-rata sebesar 30, skor yang tertinggi post-test rata-rata sebesar 95, nilai rata-rata akhir artinya meningkat. Menjadi kemampuan kosakata siswa Tuli DiSLB Negeri Kota Banjarbaru meningkat.