Abstract:
ABSTRAK
Khairatun Nisa. 2019. Pembelajaran Seni Tari Japin Rantauan menggunakan Model Tutor Sebaya di SMP Negeri 17 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, FKIP Universitas Lambung Mangkurat (Di bawah Bimbingan Bapak Agus Pratomo Andi Widodo,S.Pd, M.Pd. sebagai Pembimbing I dan Ibu Putri Yunita Permata,K.S., M.Pd sebagai Pembimbing II).
Kata Kunci: pembelajaran, seni tari, tutor sebaya, SMP Negeri 17 Banjarmasin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada seni tari Japin Rantauan menggunakan model tutor sebaya di SMP Negeri 17 Banjarmasin. Pemilihan model tutor sebaya sebagai model pembelajaran karena sebagian siswa kadang malu ataupun takut untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti kepada guru oleh sebab itu, model ini sangat membantu bagi siswa yang tidak memahami pelajaran tari sehingga dapat menanyakannya kepada teman sebayanya tanpa ada rasa malu atau takut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai pembelajaran seni tari Japin Rantauan dengan menggunakan model tutor sebaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran seni tari Japin Rantauan pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 17 Banjarmasin, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni tari Japin Rantauan, hal ini terbukti dapat meningkatkan nilai siswa dari kondisi awal hingga siklus II. Menggunakan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran seni tari Japin Rantauan dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu, dari sebelum tindakan sampai siklus II. Selain dapat meningkatkan hasil pembelajaran seni tari Japin Rantauan secara praktik, metode tutor sebaya juga dapat meningkatkan hasil pembelajaran seni tari Japin Rantauan dalam melatih memperagakan gerakan tari dengan baik dan benar, siswa tidak perlu malu lagi bertanya kepada teman sebayanya