Abstract:
ABSTRAK
Khadijah 2021. STRATEGI PEMASARAN TAPAI GAMBUT SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN PADA MATERI STP MARKETING DI SMKN 3 BANJARMASIN. Pembimbing Prof. Dr. Rizali Hadi, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Menganalisis aktivitas pemasaran penjual tapai Gambut sebagai bahan ajar mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran pada materi STP Marketing di SMKN 3 Banjarmasin. (2) Menganalisis penerapan segmentasi, targeting, dan positioning yang digunakan penjual tapai Gambut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu penjual tapai. Sumber data adalah data primer. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh (1) Pengusaha tapai Gambut Desa Pematang telah menerapkan strategi STP marketing (segmenting, targeting dan positioning) yang mampu meningkatkan keuntungan dan penjualan produk tapai. (2) Strategi pemasaran pada kegiatan ekonomi penjual Tapai Gambut Desa Pematang dapat dijadikan sebagai sumber suplemen bahan ajar di sekolah khususnya pada mata pelajaran Dasar-dasar Pemaaran mengenai Kompetensi Dasar 3.7 Mendeskripsikan dasar-dasar pemasaran di SMKN 3 Banjarmasin kelas X.
Kata Kunci : Segmentasi, Targeting, Positioning dan Bahan Ajar