Abstract:
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik diperlukan guru dalam menghadapi pandemi
Covid-19 sekarang ini. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik merupakan sebuah
bentuk penyajian bahan ajar yang disusun secara sistematis kedalam unit pembelajaran
tertentu yang disajikan dalam format elektronik. Penggunaan Lembar Kerja Peserta
Didik Elektronik yang dikembangkan disesuaikan dengan model-model pembelajaran
Kurikulum 2013 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik 3D Pageflip Problem Based Learning pada Sub
Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SMA yang meliputi validitas,
kesesuaian, keterbacaan dan respon peserta didik. Jenis metode penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dibatasi untuk
Disseminate hanya sampai penyebaran melalui publikasi dan pencetakan produk. Hasil
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik pada Sub Konsep Pertumbuhan
dan Perkembangan Tumbuhan di SMA mempunyai nilai persentase validasi sebesar
79,44%, nilai persentase kesesuaian sebesar 81,66%, nilai persentase keterbacaan
sebesar 99,12%, dan nilai persentase respon peserta didik sebesar 87,97?ri penilaian
yang dinilai termasuk ke dalam kriteria sangat baik dan sesuai, sehingga dapat
digunakan dalam proses pembelajaran.