Abstract:
Abstrak : Kesulitan dalam memusatkan perhatian siswa terlihat pada saat pengamatan yang dilakukan ketika proses belajar mengajar berlangsung, siswa sukar dalam memahami pelajaran, pada saat proses belajar tersebut siswa yang mengalami kesulitan belajar tersebut sering termenung sendiri dan tidak fokus dalam belajar, sehingga ketika seorang guru memberikan tugas kepada siswa tersebut, siswa tidak bisa mengerjakannya karena tidak memahami pelajaran tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa belajar ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Lau. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas SOS 1 SMAN 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, yang berjumlah 35 siswa, dengan teknik purposive sampling. Data yang diambil menggunakan kuesioner hasil jawaban responden. Penganalisisan penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis Kesulitan Belajar Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, didapatkan kesimpulan berdasarkan pada hasil SPSS yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan pada 35 anggota sampel sebagai responden penelitian di atas dapat diketahui pada baris Asymp.Sig. (2-tailed) pada variabel menunjukkan angka di atas 0,05 yaitu 0.454, sehingga data penelitian lolos uji normalitas.
Dari hasil jawaban penelitian tersebut maka dapat disimpulkan menunjukan jika kesulitan belajar Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dilakukan pencegahan dan penanganan oleh guru ekonomi.
Kata kunci: Kesulitan Belajar Ekonomi