Abstract:
Abstrak
Salah satu indikator ketercapaiannya kegiatan pembelajaran adalah menigkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh proses pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang menarik dapat membuat hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan atau tujuan yang telah ditentukan. Media pembelajaran perlu dikembangkan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang baik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media berupa video pembelajaran yang layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Proses pembelajaran Matematika materi aritmatika sosial di MTs Darul Azhar belum berjalan maksimal, itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya stimulus dalam kegiatan belajar yang mampu meningkatkan motivasi agar mereka dapat fokus dan berkonsentrasi pada pembelajaran yang akan berdampak pada tingkat pemahaman mereka. Video pembelajaran ini dibuat menggunakan powtoon dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development, serta menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendifinisan, desain, pengembangan media , dan penyebarluasan. Video pembelajaran ini diuji coba dengan 30 responden pre-test dan post-test. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media video pembelajaran yang sangat layak pada aspek materi dan media dengan menggunakan powtoon. Sehingga, penerapan dalam pembelajaran praktis dan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada proses pembelajaran di kelas VII MTs Darul Azhar.
Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Matematika, Powtoon.