Abstract:
ABSTRAK
Pemahaman nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan bagi peserta didik yang akan
menjadi penerus bangsa. Pancasila dapat dijadikan pedoman untuk pembentukan
karakter peserta didiknya. Tujuan dilakukannya penelitian ini guna mengetahui hubungan karakter kejujuran dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Sampit. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ialah kuantitatif, dengan populasi sejumlah 1000 responden SMA Negeri 1 Sampit dengan jumlah sampel 100 responden. Dalam menetapkan jumlah sampel digunakan formula Solvin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji korelasi product moment. Hasil penelitian didapati bahwasanya tingkat karakter kejujuran berdasar rerata analisis persentase menunjukan sebesar 26% yang dinilai kategori sedang, kemudian pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik didasarkan nilai rerata sejumlah 32% yang dinilai kategori cukup, sedangkan korelasi karakter kejujuran dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila berdasar uji statistik dengan korelasi product moment didapati nilai 0,467 ini masuk dalam golongan memiliki korelasi atau hubungan didasarkan hasil penelitian ini lingkungan menjadi salah satu faktor pembentukan karakter jujur dan tingkat pemahaman pancasila dapat ditingkatkan melalui pembelajaran di sekolah pada mata pelajaran kewarganegaraan. Selain itu juga sekolah merupakan tempat peserta didik untuk meningkatkan perkembangan potensi dan karakter jujur yang mana menjadi sebuah contoh dan acuan bagi peserta didik yang menuntut ilmu.