Abstract:
Pandemi covid-19 yang masuk ke Indonesia mengakibatkan adanya pola baru dari pembelajaran yang umumnya dilaksanakan secara luring (luar jaringan) menjadi daring (dalam jaringan). Guru dituntut menciptakan pembelajaran yang efisien sehingga peserta didik mudah memahaminya. Dari hasil amatan dari guru SMP se-Banjarmasin diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan saat pembelajaran masih menggunakan media cetak yang didokumentasikan kemudian dibagikan ke dalam Whatsapp Group atau Google classroom. Hal ini membuat LKPD masih monoton tanpa adanya penerapan langsung teknologi oleh siswa. Selain itu, materi yang digunakan khususnya pada materi Himpunan masih sangat sedikit menerapkan pendekatan realistik yang bermanfaat untuk siswa. Oleh karena itu, Alternatif yang digunakan adalah membuat LKPD daring menggunakan fitur workboos pada platform liveworksheet.com. Dalam penelitian ini tujuannya menghasilkan LKPD daring materi himpunan melalui pendekatan realistik untuk siswa SMP Kelas VII yang valid. Metode penelitiannya yaitu Research & Development. Model pengembangannya yaitu 4-D dengan tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Develop (pengembangan) melalui uji validasi ahli tanpa melalui tahap Disseminate (penyebaran). Dari hasil pengujian validitas LKPD yang bisa berkembang dengan memperoleh hasil sebesar 3,45 dengan kriteria valid. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa LKPD daring materi himpunan dengan pendekatan realistik yang valid