Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi, setelah dilakukan layanan, dan menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 120 siswa. Dan teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan rumus thitung. Permainan Roda Pelangi dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa, yang ditandai dengan meningkatnya pada penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada kelompok eksperimen sesudah diberi perlakuan permainan roda pelangi dalam layanan bimbingan kelompok.