Abstract:
Abstrak
Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran yang kurang baik membuat hasil peserta didik bertolak belakang dengan capaian yang telah ditentukan. Media pembelajaran perlu dikembangkan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas, baik dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media augmented reality yang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran Matematika materi bangun ruang kelas V di SDN Kebun Bunga 3 belum berjalan maksimal, karena beberapa masalah yang ada seperti kurangnya media pembelajaran mengakibatkan pendidik kesulitan menampilkan contoh nyata dalam materi bangun ruang. Oleh sebab itu, pengembangan media augmented reality menjadi lebih penting agar bisa digunakan dalam proses pembelajaran Matematika dengan materi bangun ruang kelas V di SDN Kebun Bunga 3. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D oleh S. Thiagarajan. Media augmented reality ini diuji coba dengan 25 responden. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media augmented reality yang layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN Kebun Bunga 3.
Kata kunci: Pengembangan, Augmented Reality, Matematika, Bangun Ruang, Hasil Belajar