Abstract:
Camelia, 1710412120005, 2022, Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Dompet Digital Gopay. Dibawah bimbingan Hairudinor dan Rasyidi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah faktor Technology Acceptance Model (TAM) dari Fred Davis (1986-1989) yakni Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko berpengaruh terhadap Minat Penggunaan Dompet Digital Gopay pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatory. Jumlah sampel yang didapat sebanyak 125 responden dengan teknik purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui media Google Formulir, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan alat uji SPSS versi 26,0.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Kemudahan Penggunaan berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Minat Penggunaan dengan persentase pengaruhnya sebesar 0,0858 atau 8,58%, Kepercayaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat Penggunaan dengan persentase pengaruhnya sebesar 0,1737 atau 17,37%, dan Persepsi Risiko berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat Penggunaan dengan persentase pengaruhnya sebesar 0,0646 atau 6,46%. Sedangkan Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Minat Penggunaan Dompet Digital Gopay dengan persentase pengaruhnya sebesar 0,324 atau 32,4%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 0,676 atau 67,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Kata Kunci:Technology Acceptance Model (TAM), Perilaku Konsumen, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Persepsi Risiko, Minat Penggunaan