Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh: kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap budaya sekolah; kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi; kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru; budaya sekolah terhadap kinerja guru; komitmen organisasi terhadap kinerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui budaya sekolah; kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasi. Populasi penelitian ini adalah 152 orang guru. Sampel penelitian sebanyak 110 orang yang diambil secara proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah (46), budaya sekolah (30), dan komitmen organisasi (15) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data kinerja guru diambil dari PKG. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap budaya sekolah; kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap komitmen organisasi; kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru; budaya sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru; komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru, budaya sekolah dan komitmen organisasi merupakan perantara pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru.