Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajamen kesantrian meliputi aspek Rekrutmen,
Pembinaan ,Pengembangan, layanan khusus, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Putra dan Putri di Kabupaten Hulu Sungai
Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik snowball
sampling. Hasil penelitian menunjukkan: Rekrutmen santri baru pada Pondok Pesantren dengan menyebar brosur informasi
pendaftaran melalui website, media social maupun elektronik dan jalur alumni. Pendaftaran melaui dua jalur yaitu online dan
manual. Seleksi masuk melalui dua seleksi, yaitu: kemampuan dalam pengetahuan Agama maupun pengetahuan Umum dan
kemampuan membaca Alqur’an. Kriteria menjadi santri mampu membaca Alqur’an, mempunyai ijazah pendidikan formal;
Pembinaan dilakukan melalui pembelajaran formal dan pembelajaran ekstrakurikuler; Pengembangan meliputi minat, bakat,
kemampuan dan prestasi santri; Layanan khusus seperti Masjid, Asrama,Perpustakaan, Bimbingan dan Konseling ,Labolatorium,
Kantin, PUSKESTREN, UKS, NM/OSIS,) Ektrakurikuler Transportasi; Evaluasi meliputi evaluasi jenis, alat dan bentuk. Pondok
Pesantren hendaknya mengintegrasikan teknologi pada kegiatan pembelajaran karena teknologi sangat penting sebagai bekal
santri setelah lulus.