Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi profesional, motivasi kerja, dan budaya kerja terhadap kinerja guru. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 193 guru dari 17 sekolah berpartisipasi dalam penelitian ini, dan 130 orang dipilih sebagai sampel penelitian berdasarkan Kesalahan Cronbach dan pemilihan acak proporsional. Kompetensi profesional (30 pertanyaan), motivasi kerja (35 item), budaya kerja (30 item), dan kinerja guru (48 item) merupakan beberapa item yang diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan instrumen angket. Analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan analisis jalur digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional, motivasi kerja, dan budaya kerja berpengaruh terhadap kinerja. Budaya kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kompetensi profesional dan motivasi kerja. Kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi profesional dan motivasi kerja, keduanya dipengaruhi oleh budaya kerja.