Abstract:
ABSTRAK
Noriawati. 2022. Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Komitmen Kerja dan Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph. D, dan Dr. Hj. Mahrita.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Komitmen Kerja, Motivasi, Kinerja
Guru merupakan komponen pendidikan yang sangat dominan dalam peningkatan mutu Pendidikan. Mutu sebuah lembaga sangat dipengaruhi oleh kinerja guru, tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru seperti kecerdasan emosional, komitmen kerja, dan motivasi kerja. Berdasarkan hasil observasi awal melalui pengamatan tingkat kinerja guru masih rendah, seperti guru belum melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai tuntutan profesi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan langsung antara kecerdasan emosional dengan kinerja; komitmen kerja dan kinerja guru; motivasi dengan kinerja; kecerdasan emosional dengan motivasi; komitmen kerja dengan motivasi, dan untuk menganalisis hubungan tidak langsung antara kecerdasan emosional dengan kinerja melalui motivasi; komitmen dengan kinerja melalui motivasi kerja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin sebanyak 172 orang. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan sampel 120 orang, teknik sampling yang digunakan adalah proportionate Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kecerdasan Emosional, Komitmen Kerja, Motivasi Kerja masuk kategori tinggi, sedangkan kinerja rendah, 2) Terdapat hubungan langsung antara Kecerdasan Emosional dan Kinerja guru; Komitmen Kerja dan Kinerja guru; motivai kerja dan Kinerja guru; Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja; Komitmen Kerja dan Motivasi Kerja, 3) Terdapat hubungan tak langsung antara Kecerdasan Emosional dan Kinerja melalui Motivasi Kerja guru; Komitmen Kerja dan Kinerja melalui Motivasi Kerja guru.
Kesimpulan: kecerdasan emosional dan komitmen kerja berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan kinerja guru melalui motivasi kerja guru.
Saran: hendaknya kepala sekolah lebih memperhatikan bawahannya khususnya dari aspek prestasi kerja yang dapat diwujudkan dengan memberikan penghargaan bagi guru yang menunjukkan prestasi kerja lebih baik, sehingga mampu memicu munculnya keinginan guru lainnya untuk menampilkan prestasi kerja yang maksimal. Kemudian untuk para peneliti yang lainnya hendaklah tidak terpaku hanya pada satu teori saja.