Abstract:
Kinerja merupakan potret seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Masalah kinerja sangat penting karena berkaitan dengan produktifiktas Lembaga maupun organisasi. Kinerja berkaitan dengan kecerdasan spiritual, motivasi dan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan langsung dan tidak langsung antara: kecerdasan spiritual dengan kinerja guru, motivasi kerja dengan kinerja guru, disiplin kerja dengan kinerja guru, kecerdasan spiritual dengan disiplin kerja, motivasi kerja dengan disiplin kerja, kecerdasan spiritual dengan kinerja guru melalui disiplin kerja, motivasi kerja dengan kinerja guru melalui disiplin kerja. Populasi penelitian ini adalah 199 orang guru. Sampel penelitian sebanyak 113 orang yang dimbil pilih secara proporsional random sampling yang ditentukan dengan Alpha Cronbach. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen terdiri dari kecerdasan spiritual (37 item), motivasi kerja (51 item), disiplin kerja (42 item) dan kinerja guru (48 item) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa kecerdasan spiritual memiliki hubungan langsung dengan kinerja guru, motivasi kerja memiliki hubungan langsung dengan kinerja guru, disiplin kerja memiliki hubungan langsung dengan kinerja guru, kecerdasan spiritual memiliki hubungan langsung dengan disiplin kerja, motivasi kerja memiliki hubungan langsung dengan disiplin kerja, kecerdasan spiritual memiliki hubungan tidak langsung dengan kinerja guru melalui disiplin kerja dan motivasi kerja memiliki hubungan tidak langsung dengan kinerja guru melalui disiplin kerja.