Abstract:
Rizkie, Muhammad. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Mutu dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D, dan Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Budaya Mutu, Kepuasan, Kinerja
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya guru SD Negeri di Kecamatan Labuan Amas Utara yang memiliki kinerja kurang ideal, dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya mutu, kepuasan kerja dan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Labuan Amas Utara, 2) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara langsung terhadap kepuasan kerja, 3) Pengaruh budaya mutu secara langsung terhadap kepuasan kerja, 4) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 5) Pengaruh budaya mutu terhadap kinerja guru, 6) Pengaruh kepuasan kerja secara langsung terhadap kinerja guru, 7) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara tak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja, 8) Pengaruh budaya mutu secara tak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan analisis jalur. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Labuan Amas Utara sebanyak 221 orang dengan sampel sebanyak 142 orang ditentukan menggunakan proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya mutu, kepuasan kerja dan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara terkategori sedang. 2) Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru. 3) Terdapat pengaruh langsung budaya mutu terhadap kepuasan kerja guru. 4) Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. 5) Terdapat pengaruh langsung budaya mutu terhadap kinerja guru. 6) Terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja guru. 7) Secara tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. 8) Secara tidak langsung budaya mutu berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan kerja.
Kesimpulan: kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya mutu secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru.
Saran: Kepala sekolah hendaknya melakukan pendekatan secara lebih dekat dengan para guru secara personal. Hal ini agar meningkatkan pengarh deal dari kepala sekolah terhadap guru yang menjadi bawahannya sehingga ke depannya kepala sekolah dapat lebih mudah menggerakan para guru.