Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mencari saluran pemasaran yang efektif dan 2) Menentukan strategi pemasaran usaha pembenihan Ikan Nila “Ijul” Di Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan jenis data merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dan untuk sampel pembeli digunakan metode snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah 1) analisis saluran pemasaran dan 2) analisis strategi pemasaran. Dalam analisis strategi pemasaran terdapat analisis SWOT, pembobotan, Matrix SWOT dan Kuadran SWOT. Hasil analisis menjelaskan bahwa 1) saluran pemasaran terdapat 2 pola yaitu (a) pola I pembenih ikan nila? pembudidaya bermodal besar? pembudidaya bermodal kecil dan (b) Pola II pembenih ikan nila? pembudidaya bermodal kecil dan didapatkan bahwa pola saluran II lebih efisien, karena 89% proses pemasaran terdapat di saluran II, 2) Hasil analisis strategi pemasaran didapatkan nila y sebesar (-0,15) dan x sebesar (-1,15). Berdasarkan nilai y dan x didapatkan hasil kuadran IV kelemahan dan ancaman. Sehingga strategi yang diusulkan adalah meningkatkan kualitas benih dan membuat media promosi online shop.
Kata Kunci: Usaha Pembenihan, Benih Ikan Nila, Saluran Pemasaran dan Strategi Pemasaran