Abstract:
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain ansambel pianika melalui pelatihan membaca notasi balok pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Martapura melalui penggunaan aplikasi smartphone Clefs sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru seni budaya di SMP Negeri 1 Martapura dengan peneliti dan dilaksanakan ke dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan test praktik dengan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif komparatif. Test praktik ini berupa test praktik bermain ansambel pianika dengan memperhatikan/membaca partiture lagu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi smartphone Clefs dapat meningkatkan kemampuan bermain ansambel pianika melalui pelatihan membaca notasi balok siswa. Hal ini berdasarkan dari data penelitian menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa di tiap siklus. Pada Pra-siklus diperoleh nilai rata rata sebesar 42,58 dengan ketuntasan siswa diperoleh sebesar 0% .Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,14 dengan ketuntasan siswa diperoleh sebesar 40% , sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa siklus I masih belum memenuhi indicator keberhasilan yang ditetapkan yakni sebesar 85% . Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,77 dengan ketuntasan siswa diperoleh sebesar 100%, sehingga dapat dikatakan bahwa siklus II sudah memenuhi indicator keberhasilan.
Kata Kunci : Membaca Notasi Balok, Ansambel Musik, Aplikasi Clefs