Abstract:
Alfianor. NIM 1710122310007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Keterlibatan Lingkungan Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Banjarbaru, Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Rahmadi, S.Pd.,M. Pd (II) Dr. Herita Warni, M. Pd.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan observasi berupa pengamatan sebagai alat pengambilan data untuk mencatat hasil dan survei pada sebagian kelas, melalui penyebaran angket atau kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas VII & VIII. Dengan jumlah sampel sebanyak 130 siswa-siswi yang terdiri dari 4 lokal (7H, 7I, 8H, 8I). Dengan jumlah responden adalah sebanyak 83 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterlibatan lingkungan terhadap peserta didik di SMP Negeri 2 Banjarbaru tergolong cukup baik. 2 indikator atau 20?rada dalam kategori sedang, 8 indikator atau 80?rada dalam kategori baik, baik sekali, kurang dan kurang sekali sama-sama 0% atau tidak ada indikator yang termasuk dalam kategori tersebut.
Kata Kunci : Keterlibatan, Lingkungan dan Aktivitas belajar.