Abstract:
Akibat wabah Covid-19 di Indonesia, semua kegiatan kini dilakukan dari rumah, artinya dalam bidang pendidikan, semua guru harus merancang media pengajaran yang dapat digunakan siswa dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Google Classroom digunakan dalam pembelajaran sejarah untuk memerangi penyebaran Covid-19 di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Prosedur wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data. Google Classroom merupakan media pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang memudahkan guru dan siswa dalam menyelesaikan proses belajar mengajar di rumah untuk membantu pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Google Classroom saat ini sangat efektif dan efisien, dan tidak dibatasi oleh ruang atau waktu. Guru dapat membekali siswa dengan materi berupa teks, gambar, audio, dan video melalui internet. Selain itu, guru dapat menggunakan tautan dari Formulir Google yang disimpan di Google Kelas untuk membuat daftar siswa yang hadir.
Kata kunci: Google Classroom, Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19.