Abstract:
Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan, pembelajaran yang monoton dan kurang dipahami oleh siswa, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut dapat menimbulkan banyak ketidakpahaman pada siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya melalui model pembelajaran Project based learning. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi model pembelajaran Project based learning pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan statistika di SMPN 15 Banjarmasin. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran Project based learning pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan statistika di SMPN 15 Banjarmasin. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan lima kali pertemuan pembelajaran dan satu kali tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dari kelas VIII D di SMPN 15 Banjarmasin dan objek penelitiannya adalah proses pembelajaran matematika dan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu melalui observasi keterlaksanaan RPP, observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik persentase untuk keterlaksanaan RPP dan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran Project based learning dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan statistika termasuk dalam kriteria baik. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Project based learning pada pokok bahasan statistika berada pada kualifikasi baik.