Abstract:
Syarifah Wilda Jimlia, 2022. Strategi Pemasaran Pedagang Tanaman Hias Ais Garden (Desa Paring Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan). Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) Laila Azkia.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pedagang Tanaman Hias, Ais Garden
Mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Paring sebagai pedagang. Oleh karena itu, perlu ada strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang tanaman hias Ais Garden. Sehingga, Ais Garden memiliki strategi pemasaran tersendiri untuk menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Ais Garden dengan melihat (1) pemilihan pasar, (2) penetapan harga, (3) distribusi dan (4) promosi yang dilakukan pedagang Ais Garden di Desa Paring Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian trianggulasi sumber berjumlah 2 orang dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pemilihan pasar dilakukan Ais Garden berbeda perilaku dalam menjual tanaman hias kepada tiga tipe pemilihan pasar yaitu, pengunjung, pembeli dan pelanggan. (2) penetapan harga yang dilakukan pedagang Ais Garden ada dua cara yaitu harga jenis tanaman hias dan harga ukuran tanaman hias (3) distribusi yang dilakukan pedagang Ais Garden adalah menyalurkan kepada pedagang Km 7 dan Golf. (4) promosi yang dilakukan untuk mendorong seseorang dengan memperkenalkan tanaman hias komunikasi secara baik sehingga konsumen tertarik membeli tanaman hias pedagang Ais Garden ada dua cara melalui perantara/secara tidak langsung dan secara langsung.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran dari peneliti masyarak at hendaknya agar tidak temakan rumor yang beredar karena belum tentu cerita yang disampaikan benar.